BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan
| 11 Jun 2024

Mengungkap Manfaat Lemak Bagi Tubuh, Musuh atau Sahabat?

Apa manfaat lemak? Lemak sering disalahpahami sebagian orang sebagai musuh saat menjalani diet sehat. Padahal, lemak memiliki peran penting dalam tubuh.

Konsumsi lemak berlebihan memang tidak baik, tapi kekurangan lemak juga berbahaya. Maka, penting bagi Anda untuk memahami jenis-jenis lemak dan manfaatnya.

Apa Manfaat Lemak Bagi Tubuh?

Lemak merupakan sumber asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Lantas, apa saja manfaat lemak bagi tubuh kita? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui:

  1. Penyediaan energi bagi tubuh

    Fungsi lemak pada tubuh merupakan sumber energi dalam makanan manusia, bersama dengan dua makronutrien utama lainnya, karbohidrat dan protein.

    Lemak menjadi sumber paling terkonsentrasi dengan jumlah 9 kkal per 1 gram yang dikonsumsi. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi dari kandungan energi protein, karbohidrat, dan serat.

    Lemak disimpan di dalam jaringan lemak tubuh. Lemak ini akan melepaskan asam lemak saat energi dibutuhkan oleh tubuh.

  2. Komponen struktural

    Selaput sel dalam tubuh kita memisahkan bagian dalam dan luar sel, dan mengatur zat yang keluar masuk sel. Selaput sel ini terbuat dari lemak, dan jenis lemaknya memengaruhi fungsi sel. 

    Otak kaya akan lemak dengan komposisi asam lemak utama docosahexaenoic acid (DHA). Konsentrasi DHA yang sangat tinggi juga terdapat dalam lipid retina.

  3. Pembawa vitamin

    Lemak dalam makanan membantu tubuh menyerap vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Masing-masing vitamin larut dalam lemak dan akan diserap dalam usus.

    Maka, penting bagi Anda mengonsumsi makanan berlemak yang mengandung asupan mikronutrien ini dalam jumlah yang cukup.

  4. Mendukung fungsi biologis lainnya

    Tubuh kita tidak bisa membuat asam lemak esensial, yaitu asam linoleat (LA) dan asam alfa linoleat (ALA). Anda pun harus mendapatkannya dari makanan. 

    Asam lemak ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, contohnya pembekuan darah dan peradangan. Tubuh dapat mengubah LA dan ALA menjadi beberapa asam lemak lain, namun konversinya terbatas. 

Maka, manfaat lemak sangat penting dari makanan yang Anda konsumsi, terutama yang kaya akan EPA dan DHA.

Baca Juga: Makanan Sehat dan Bergizi dan 6 Nutrisi Pentingnya

Akibat Kekurangan Lemak yang Perlu Dihindari

Jika tubuh Anda kekurangan lemak, ada beberapa akibat serius yang berisiko timbul. Inilah beberapa akibat kekurangan lemak yang perlu Anda hindari:

  1. Kekurangan vitamin

    Lemak dari makanan dibutuhkan tubuh untuk membantunya menyerap vitamin yang larut dalam lemak. 

    Kekurangan nutrisi penting ini meningkatkan risiko rabun ayam, gusi bengkak, gigi longgar, rambut kering, depresi, nyeri otot, bahkan mudah memar.

  2. Dermatitis

    Lemak merupakan bagian penting dari struktur sel kulit Anda. Lemak pula yang membantu kulit Anda tetap mempertahankan kelembapannya.

    Kurangnya asupan lemak dari makanan berakibat pada kesehatan kulit dan menyebabkan dermatitis, yaitu istilah medis untuk radang kulit, dengan tanda ruam kering dan kulit bersisik.

  3. Penyembuhan luka lebih lambat

    Penelitian mengungkap bahwa tubuh membutuhkan lemak untuk membuat banyak molekul penting yang mengontrol respons peradangan tubuh Anda. 

    Kurangnya asupan lemak makanan akan mengganggu respons ini. Luka pun akan sembuh lebih lama jika kekurangan vitamin A dan vitamin D yang dapat larut dalam lemak

  4. Kerontokan rambut

    Prostaglandin adalah molekul lemak dalam tubuh yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

    Jika Anda terlalu sedikit mengonsumsi lemak esensial tentu dapat berdampak pada kesehatan rambut Anda bahkan meningkatkan risiko kerontokan rambut di kulit kepala atau alis.

  5. Mudah sakit

    Sistem kekebalan tubuh yang melemah juga dapat terjadi akibat kekurangan lemak dalam tubuh. Hal ini juga berdampak pada Anda yang lebih sering atau mudah sakit.

Itulah alasan mengapa tubuh Anda butuh lemak makanan, terutama yang dapat menghasilkan beberapa molekul untuk merangsang aktivitas sel kekebalan tubuh.

Sel kekebalan tubuh Anda dapat bertumbuh berkat asupan asam lemak esensial. Misalnya, asam alfa-linolenat dari asam lemak omega-3 dan asam linoleat dari asam lemak omega-6.

Baca Juga: 10 Pilihan Cemilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

Apa Saja Sumber Lemak?

Sumber lemak baik dan sehat banyak ditemukan pada beberapa makanan nabati, antara lain almond, biji rami, biji chia, kacang kedelai, dan alpukat.

Sumber lemak sehat lainnya juga terdapat dalam minyak nabati, antara lain minyak zaitun, jagung, wijen, dan kanola.

Ikan berlemak pun dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, contohnya ikan tuna, ikan salmon, ikan mackerel, ikan bandeng, ikan hering, dan sarden. 

Tiram, kerang, dan beberapa jenis telur ikan juga merupakan sumber lemak yang baik bagi tubuh Anda. Mengonsumsinya secara rutin dalam porsi tepat dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain itu, ada juga dark chocolate yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah kecil. Makanan ini juga kaya akan antioksidan sebagai penangkal penyakit.

Mengonsumsi lemak secara berlebihan juga tidak bagus karena risikonya adalah peningkatan kadar LDL yang membawa kolesterol ke pembuluh darah koroner, serangan jantung, hingga stroke.

Baca Juga: Pastikan Sarapan si Kecil Berkualitas Dengan Menu Gizi Seimbang!

Konsumsilah makanan dengan lemak sehat dan gizi seimbang untuk cukupi asupan nutrisi agar badan tetap sehat.

Salah satu asupan nutrisi untuk mendapatkan manfaat lemak yang baik adalah susu, dan yang mudah dikonsumsi adalah susu UHT Frisian Flag Full Cream.

Semua nutrisi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan dari susu UHT Frisian Flag Full Cream yang lezat. 

Susu siap minum ini mengandung sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), dan sumber 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium), sehingga cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk bantu penuhi gizi harian tubuh.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). 

Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Yang anda perlukan :

Susu Full Cream Terbaik yang Siap Penuhi Kebutuhan Gizi

Share This Entry

Artikel Terkait
Milkpedia

7 Cara Mengatasi Badan Lemas yang Efektif, Wajib Diketahui!

Milkpedia

10 Cara Hidup Sehat dan Tips Memulainya Agar Imun Kuat

Milkpedia

9 Jenis Kecerdasan Manusia dan Cara Jitu untuk Mengasahnya