7 Nutrisi yang Penting Dipenuhi dan Pilihan Makanannya

Banner
| 15 Jul 2023

7 Nutrisi yang Penting Dipenuhi dan Pilihan Makanannya

7 Nutrisi yang Penting Dipenuhi dan Pilihan Makanannya

Setiap nutrisi memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Anda perlu mengetahui apa saja jenis nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Apa saja nutrisi yang penting untuk dipenuhi bagi tubuh? Apa saja cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan bisa dilakukan setiap hari oleh kita.

Apa yang Dimaksud dengan Nutrisi?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia nutrisi adalah proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh; makanan bergizi; dan ilmu tentang gizi.

Secara umum, nutrisi adalah studi tentang bagaimana makanan memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk proses penyerapan dan pemanfaatan nutrisi.

Nutrisi juga berfokus pada pola makan untuk mencegah penyakit dan sangat penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Fungsi penting nutrisi bagi tubuh antara lain:

  • Nutrisi merupakan sumber energi utama bagi tubuh.
  • Nutrisi dapat membantu membangun serta memperbaiki jaringan tubuh.
  • Makanan kaya nutrisi dapat meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.
  • Nutrisi dapat membantu dalam sintesis kolagen.
  • Makanan bernutrisi dapat memberikan struktur yang tepat pada pembuluh darah, tulang, dan ligamen.
  • Nutrisi pun akan membantu menjaga homeostasis tubuh.

Baca Juga: Ini Superfood Lokal dengan Manfaat Nutrisi yang Luar Biasa!

7 Jenis Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh 

Berikut adalah sejumlah nutrisi yang dapat Anda masukan ke dalam menu harian untuk memulai pola makan sehat.

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu jenis nutrisi yang fungsinya menjadi sumber energi bagi tubuh. Pemenuhan karbohidrat harus seimbang, karena jika berlebihan bisa menjadi penyebab berat badan berlebih atau obesitas.

2. Protein

Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang penting. Karena protein adalah nutrisi untuk membangun, menjaga dan memperbaiki sel dalam tubuh. Selain itu, protein juga berperan untuk membentuk otot tubuh.

3. Lemak

Lemak adalah jenis nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menyerap vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, lemak juga membantu tubuh membentuk hormon.

4. Vitamin

Untuk metabolisme yang cukup serta seimbang, vitamin adalah termasuk dalam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

5. Mineral

Untuk pertumbuhan dan metabolisme sel, tubuh memerlukan nutrisi mineral. Selain itu, nutrisi ini meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

6. Serat

Nutrisi makanan ini dapat diklasifikasikan menjadi serat larut dan tidak larut. Nutrisi ini dapat membantu menstabilkan gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mencegah sembelit.

7. Air

Air merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan. Air berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, produksi cairan tubuh, transportasi nutrisi, serta pembuangan limbah dalam tubuh.

Baca Juga: Pentingnya Peran Susu dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang

Contoh Makanan yang Bernutrisi Tinggi

Terdapat beberapa contoh makanan yang bernutrisi tinggi dan dapat Anda konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari, antara lain:

  1. Salmon

    Dengan kandungan omega-3 yang tinggi, salmon mendukung kesehatan seluruh tubuh. Asam lemak ini dapat menjaga fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, hingga jantung.

  2. Bawang putih

    Bawang putih, dengan kandungan allicin yang tinggi, adalah sumber nutrisi yang baik.

    Selain itu, allicin dapat membantu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta menjaga kesehatan jantung.

  3. Telur

    Selain protein, telur juga kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan penting untuk menjaga kesehatan mata, yaitu lutein dan zeaxanthin.

    Kandungan kolin dalam telur juga dapat mendukung fungsi otak dan saraf.

  4. Kentang

    Kentang adalah makanan bernutrisi yang dapat menjadi sumber vitamin C, vitamin B, kalium, magnesium, zat besi, tembaga, dan mangan yang baik.

    Jika disantap bersama kulitnya, kentang dapat menjadi sumber serat yang baik.

  5. Kale

    Kale merupakan sayuran rendah kalori yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

    Kale dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah risiko serangan beragam jenis kanker. 

  6. Rumput laut

    Menarik bahwa ternyata rumput laut adalah salah satu makanan bernutrisi tinggi. Kaya akan kandungan mineral yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid dan melindungi tubuh dari peradangan.

  7. Hati

    100 gram hati sapi mengandung vitamin B12, vitamin B5, vitamin B6, folat, vitamin B2, vitamin A, dan zat besi. Itulah mengapa, jika dikonsumsi dengan tepat, hati bisa menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan.

  8. Buah beri

    Blueberry dan buah beri lainnya adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Nutrisi di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan otak, jantung, dan melindungi tubuh dari penyakit.

Baca Juga: 13 Makanan Mengandung Kalsium yang Perlu Rutin Dikonsumsi

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan dan sebaiknya rutin untuk terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, antara lain:

1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih adalah hal sederhana yang sering dilewatkan, padahal ada banyak manfaatnya yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mencegah dehidrasi.

Kecukupan kebutuhan air yang dipenuhi setiap harinya bisa membantu tubuh menyerap asupan gizi dan nutrisi dari setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi pada hari itu.

2. Minum susu setiap hari

Rajin minum susu bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Karena susu adalah jenis asupan yang bisa dikonsumsi oleh semua umur dan kaya akan nutrisi.

Kandungan di dalamnya tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga dapat menjaga pertumbuhan dan kekuatan tulang dan otot.

Salah satu susu yang penuh dengan kandungan nutrisi makro dan mikro adalah susu UHT Frisian Flag Full Cream.

3. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi

Sayangnya, kebanyakan orang menilai makan sehat pasti harganya mahal. Padahal banyak opsi makanan bergizi sehat lainnya yang sama kaya nutrisinya dengan makanan sehat yang dibilang mahal oleh kebanyakan orang.

Selalu imbangi asupan nutrisi setiap harinya dengan makan makanan yang kaya nutrisi, seperti buah, sayur, dan sumber protein.

4. Makan dalam porsi sesuai

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah makan nasi, namun lauk dan sayurnya sangat sedikit. Nasi yang banyak memang memberi Anda rasa kenyang. 

Namun kenyang belum tentu sehat. Pastikan piring makanan Anda memiliki perbandingan 1:1 antara nasi, lauk pauk, dan sayurnya.

5. Mengurangi makanan asin, manis, dan berlemak

Meski pilihan makanan yang Anda pilih sudah bergizi dan punya nutrisi yang tinggi, tetap batasi asupan makanan manis, asin, atau berlemak sehingga berat badan terjaga serta tubuh menjadi lebih sehat.

6. Olahraga yang rutin

Olahraga yang rutin dapat membantu makanan tercerna dengan baik sehingga tubuh memiliki metabolisme yang baik pula. Pilih olahraga sederhana seperti jogging atau jalan pagi. Lakukan konsisten demi kesehatan yang optimal.

7. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Basanya makanan empat sehat lima sempurna sering kali digalakkan sejak Anda masih kecil. Sebagai sebuah fakta, pola makan ini sudah digalakkan sejak tahun 1955.

Pola makan empat sehat lima sempurna adalah mendapatkan manfaat karbohidrat sebagai makanan pokok, lauk pauk sebagai protein, sayuran sebagai asupan serat, buah sebagai asupan vitamin dan susu untuk melengkapi.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Hidup Lebih Aktif

Penuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap hari agar hidup lebih sehat dan berkualitas serta lengkapi dengan susu UHT Frisian Flag Full Cream.

Susu UHT Frisian Flag Full Cream sudah mendapatkan logo centang hijau dari BPOM yang menandakan bahwa susu UHT Frisian Flag Full Cream merupakan 'Pilihan Lebih Sehat' dibandingkan produk sejenis lainnya.

Susu UHT Frisian Flag Full Cream merupakan susu siap minum yang mengandung 8 vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor, dan Iodium). Ragam vitamin dan mineral ini dibutuhkan tubuh untuk bisa tetap sehat.


Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait